Uncategorized

Megulik Sejarah Mengenai Nasi Uduk Yang Fenomenal

Pasti banyak yang tau dengan makanan yang satu ini, begitu terkenal dan di gemari di masyarakat, makanan satu ini memiliki cita rasa yang membuat lidah kita bergoyang, dengan ciri khas yang memiliki rasa gurih, dan begitu nikmat di santap di pagi hari, makanan tersebut ialah nasi uduk. Makanan satu ini ternyata bersandar di ibu kota negara indonesia loh kawan-kawan, ada yang tau kota apa itu, kami kasih tau ciri-cirinya kota ini terkenal dengan wisata kota tua dan Monas, pasti pada tau kan kota apa ini, kota ini adalah jakarta. Nasi uduk sudah banyak di kenal makanan khas betwai yang menjadi menu favorit warga jakarta. Dengan bahan-bahan seperti air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai. adonan ini  menjadi salah satu yang membuat nasi uduk menjadi sempurna, bahan-bahan ini tidak bisa di pisahkan, karna jika dipisahkan makanan tersebuk akan berbeda rasa dan pastinya juga akan berganti nama, bukan lagi nasi uduk.

Nasi uduk sendiri juga memiliki kawan-kawan yang di sajikan harus bersamaan supaya makanan tersebut menjadi lebih nikmat, adapun untuk pendampinggnya seperti tempe kering, bihun goreng, telur balado, semur jengkol dan tahu, ayam goreng, kentang balado, dan pendamping lainnya seperti sambal kacang. Di sajikan selagi hangat supaya lebih nikmat.

Berasal dari melayu

Konon sudah ada di abad ke-14 nasi uduk hadir melalui jalur perdagangan. Berasal dari tanah melayu makanan tersebut. Masyarakat melayu yang berada di pulau sumatra berkelana ke pulau jawa.

Untuk pertama kalinya nasi uduk dipasarkan di kaasan kebon kacang, Tanah Abang, Jakarta. Ciri khas nasi uduk yang di pasarkan di kebon kacang tersebut yang menggunakan daun pisang yang menyerupai kerucut untuk bungkusnya dengan tambahan bawang merah yang di goreng yang di campurkan di atas nasi uduk.

sumber : https://pergikuliner.com

About the author

ranglang

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *